top of page

Blog

  • Writer's pictureQhansa D.

Sumber Video Referensi/Inspirasi Persiapan S2 Di Luar Negeri (Versi Qhansa)

Buat temen-temen yang sudah membaca blog ku tentang "Rahasiaku Saat Kuliah S1 Teknik Informatika", mungkin sudah tau kalau aku ada rencana untuk mengambil S2 -- sehingga menjadikan itu sebagai motivasi untuk tetap berjuang untuk bisa lulus S1 Teknik Informatika (walaupun susah minta ampun).


Blog kali ini, aku akan membagikan video-video referensi/inspirasiku (khusus) persiapan S2 di Luar Negeri. Karena sejujurnya, aku gak punya role model di lingkunganku untuk aku contoh/tiru. Jadi, salah satu jalanku adalah YouTube (lagi) hehe.


Ini adalah salah satu contoh video yang menggambarkan "Bagaimana proses sang universitas memilih mahasiswa untuk diterima/ditolak?":




Disclaimer: Aku belum kuliah S2 ke luar negeri. Tapi, karena teman-temanku banyak yang bertanya "Bagaimana caranya kuliah ke luar negeri?", daripada aku lupa, mending aku bagiin aja sekalian disini (biar sama-sama berjuang *ya gak? hehe*).


Ketahui Persyaratan Setiap Universitas

Untuk teman-teman yang belum tau, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa daftar S2 ke universitas di luar negeri. Sebenarnya setiap universitas dan jurusan punya persyaratan yang berbeda, tapi aku akan memberikan gambaran umumnya saja ya.


Persyaratan yang biasanya dibutuhkan:

  1. TOEFL iBT/IELTS

  2. Statement of Purpose/Motivation Letter

  3. CV/Resume

  4. Recommendation Letters

  5. Optional: GRE/GMAT, Portfolio, Scientific Papers, etc.

Yang nomer 5 itu tergantung negara, universitas, dan jurusan yang kalian tuju ya.


Bisa cek video ini untuk lebih singkatnya:


Sekarang, aku akan bagi video-video YouTube ini ke beberapa bagian (biar gampang nyari videonya):


TOEFL iBT/IELTS

Hal pertama yang biasanya orang-orang siapkan adalah tes TOEFL iBT/IELTS. Karena, kalau kamu udah punya nilai TOEFL iBT/IELTS sesuai kriteria minimum universitas/pemberi beasiswa, udah enak banget. Jadi tinggal bikin essay, CV/Resume, minta surat rekomendasi ke dosen/atasan, dan kirim dokumennya. Nah, ada beberapa video yang aku temukan di YouTube untuk mengetahui lebih jauh tentang TOEFL/IELTS:









Statement of Purpose/Motivation Letter

Nah, selain kalian perlu nilai TOEFL/IELTS, persyaratan yang paling memakan waktu (bagiku) adalah membuat Statement of Purpose/Motivation Letter. Maka, disarankan untuk MULAI LEBIH AWAL (Bahkan 1-2 tahun sebelum mendaftar). Disini, kita cerita "Kenapa mau ambil jurusan ini?", "Emang nanti rencananya abis lulus dari jurusan ini, mau ngapain?", dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, bisa cek video-video dibawah ini:






























Dan masih banyak lagi video-video yang membahas tentang membuat Statement of Purpose -- bisa cek di YouTube aja ya, takut kepanjangan ini hehe.


CV/Resume

Oke, buat temen-temen yang udah/sedang bekerja, pasti gak asing dengan CV/Resume kan? Tapi masalahnya, CV/Resume yang biasanya digunakan di Indonesia, agak berbeda dengan CV/Resume yang digunakan untuk persyaratan kuliah. Ini beberapa video yang bisa menjelaskan:






Recommendation Letters

Nah, selanjutnya adalah surat rekomendasi dari dosen/atasan kamu di perusahaan kamu bekerja. Jadi sebenernya kalian bisa minta ke dosen kalian (biasanya dosen pembimbing saat skripsi/tugas akhir) dan juga ke atasan kalian (yang kerja langsung sama kalian ya, jangan yang gak kenal kalian). Untuk gampangnya, bisa tonton video-video ini:






Optional: GRE/GMAT

Gak semua universitas butuh GRE/GMAT, karena biasanya yang butuh ini adalah universitas di Amerika. Kalau negara lain biasanya gak perlu. Jadi, kalau universitas kalian tidak membutuhkan GRE/GMAT, bisa skip bagian ini. Dan ini adalah beberapa video tentang GRE:












 

Bonus Video: Tips dan Trik

Akhirnya selesai juga sharing video-videonya. Tapi, buat temen-temen yang masih mau nonton, aku kasih video-video lain yang cukup memotivasiku untuk Apply Kuliah Ke Luar Negeri. Berikut adalah video-videonya:


















Akhirnya, selesai juga semuanya. Mohon maaf kalau kepanjangan isi blog nya. Semoga blog ini bisa bermanfaat untuk kalian yang masih mencari-cari informasi gimana caranya kuliah ke luar negeri.


Dan sebenarnya, ada kok orang Indonesia yang sharing tentang tips dan trik untuk kuliah ke luar negeri di YouTube. Coba di cari aja :)


Terima kasih telah membaca dan jangan lupa menjaga kesehatan! :D


Comments


bottom of page