• Qhansa D.

Cara Menghitung Indeks Prestasi (IP) + Tips and Trick!

Updated: Sep 4, 2019

Halo semua, Semester 1 Saya di Telkom University sudah berakhir. Dan pada posting kali ini, Saya akan menggunakan Bahasa Indonesia. Karena ini emang untuk orang Indonesia hehe. Belum tentu universitas luar negeri sistem menghitung IP nya sama. Jadi, Saya akan memberikan Ilmu / Pengetahuan yang telah Saya ketahui selama kuliah di Semester 1 ini. Agar kedepannya dapat lebih baik lagi.


Okey, kita mulai saja!


Biasanya Sistem Nilai di Universitas itu SAMA. Tetapi untuk kategori nilainya bisa berbeda beda. Jadi Saya akan memberi tahu sistem nilai yang ada di Universitas Saya. Ada 8 Kategori nilai, antara lain:

  • A = 4

  • AB = 3.5

  • B = 3

  • BC = 2.5

  • C = 2

  • D = 1

  • E = 0

  • T = –

Secara umum, untuk Menghitung IP, yaitu dengan Rumus:


Apabila masih bingung, mungkin bisa lebih jelas dengan rumus ini:

Ingin lebih jelas lagi? Okey kita coba beberapa contoh:


CONTOH 1 Misal Si “ABC” Jurusan XYZ di Semester 1 nya, mengambil 19 SKS dan Terdiri dari 8 Mata Kuliah, dan Ia mendapatkan Nilai Seperti ini dan Jika Dimasukkan Kedalam Rumus Diatas, Ia mendapatkan IP Semester seperti tabel di bawah ini:



CONTOH 2 Si “DEF” adalah teman sekelas ABC. Dan Ia memperoleh nilai dan IP seperti di bawah ini:



CONTOH 3 Si “GHI” adalah teman sekelas ABC dan DEF juga. Dan Ia memperoleh nilai dan IP seperti di bawah ini:



Nah! Udah bisa bedakan kan? Bagaimana Nilai mereka di SKS yang sama? Bisa kita lihat dari tabel – tabel di atas.

  • Nilai “ABC” lebih tinggi daripada “DEF” karena di Mata Kuliah yang 4 SKS, “ABC” mendapatkan Nilai “A” (Bobot Nilai 4). Sedangkan “DEF hanya mendapatkan Nilai “D” (Bobot Nilai 1). Tentunya apabila dikalikan, Nilai Mata Kuliah 4 SKS “ABC” lebih tinggi daripada “DEF”. Begitu Pula Mata Kuliah yang berbobot 3 SKS. “ABC” mendapatkan nilai mata kuliah yang lebih tinggi daripada “DEF” karena nilai yang mereka peroleh pun berbeda, walaupun apabila dikalikan hanya berbeda sedikit. Tapi mengapa IP “ABC” yang lebih tinggi? Padahal Ia mendapatkan D juga di salah satu Mata Kuliah yang 3 SKS. Yaitu KARENA NILAI MATA KULIAH YANG 4 SKS, IA MENDAPATKAN “A” DAN ITU SANGAT MEMBANTU NILAI IP DIBANDING NILAI “A” PADA SKS YANG SEDIKIT.

  • Nilai “GHI” lebih tinggi daripada “ABC” karena dari 8 mata kuliah tersebut, “GHI” TIDAK mendapatkan Nilai DI BAWAH “B”. Sedangkan “ABC” ada mata kuliah yang mendapatkan Nilai dibawah B.


OKEY! KESIMPULANNYA ADALAH … ADA DI TIPS AND TRICK!



Tips and Trick mendapatkan IP Tinggi !

Okey! Kamu udah tau kan perbedaan yang ada di tabel – tabel sebelumnya? Jadi Tips and Trick nya adalah:

  1. Diutamakan mendapatkan Nilai Maksimal (Nilai “A”) pada Mata Kuliah yang memiliki SKS terbanyak.

  2. Kemudian Pada SKS yang nomer ke-2 terbanyak wajib mendapatkan Nilai Maksimal (Nilai “A”).

  3. Jangan sampai memiliki Nilai “C” apalagi di bawah “C” pada mata kuliah apapun. (Wajib di lakukan apabila kamu ingin mendapatkan IP CUMLAUDE)

  4. Berusaha dan Lakukan yang Terbaik dengan cara yang Baik. (Bisa minta diajarkan Senior, Aktif bertanya dikelas, selalu memperhatikan dosen, Selalu Termotivasi “Ingin BISA dalam semua Mata Kuliah”, dan masih banyak lagi)

Ya, Mungkin hanya sedikit Tips and Trick dari Saya. Sisanya, bisa kalian cari tahu sendiri melalui pengalaman kalian masing – masing. Hasil yang baik ataupun tidak, yang penting adalah KAMU INGIN BERUSAHA MAKSIMAL UNTUK MENDAPATKAN NILAI MAKSIMAL. KULIAH SANGATLAH BERBEDA DENGAN SMA / SMK / MA :)

TETAP SEMANGAT! :)