• Qhansa D.

Jangan Pernah Menyalahkan Keadaan

Pernahkah kamu mendengar kalimat ini?


"Everything Happens For A Reason"

Yang artinya "Segala Hal Bisa Terjadi Karena Suatu Alasan"


Kadang, disaat kita sedang berada posisi paling rendah dalam hidup kita, sangatlah mudah untuk menyalahkan orang lain, sekitar kita, bahkan Tuhan. Pasti semua orang mengalami itu, jadi wajar.


Tapi, dalam konteks ini, aku ingin berbagi perspektif yang aku peroleh selama aku hidup di Bumi ini.

  1. Disaat kita merasa tidak se-beruntung/se-sukses orang lain, lihat lah "Ke Bawah". Masih banyak orang yang lebih tidak beruntung dibandingkan kita. Jadi, harus bisa tetap BERSYUKUR.

  2. Disaat kita merasa beruntung/sukses, lihat lah "Ke Atas". Masih banyak orang yang lebih sukses dan beruntung daripada kita. Jadi, harus bisa tetap RENDAH HATI.


Coba Mengenal Diri Sendiri

Disaat kalian sekolah/tes Psikologi, pernah gak kalian disuruh memilih diantara 5 bentuk ini?


Dan setelah milih, tau gak artinya apa? (Biasanya sih gak dikasih tau artinya sama guru kita HAHA)


Jadi, ini adalah Psychogeometrics yang dibuat oleh Susan Dellinger, PhD. Singkatnya, arti dari setiap bentuk yang kita pilih, bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Kalo kamu masih penasaran dan ingin tau lebih jauh lagi arti dari setiap bentuk, bisa cek disini:

Psychogeometrics - Susan Dellinger, PhD

Aku termasuk orang yang memilih Lingkaran. Tapi, kalau alasan pribadinya adalah karena aku tahu dikehidupan ini (sebagai manusia) pasti ada saat kita berada di Atas (sukses) dan ada saat dimana kita berada di Bawah (kurang beruntung).


Ngapain Nulis Blog Ini?

Disini aku tidak akan memberikan contoh atau studi kasus untuk membuat mata kita lebih terbuka dan menyadari arti hidup ini. Tapi, disini akan aku bagikan beberapa sumber yang membuat aku bisa mengubah cara pandangku terhadap dunia:


Tapi, ada satu video yang benar-benar "menampar" diriku seketika disaat aku banyak mengeluh dan menyalahkan keadaan, yaitu video YouTube dari Gary Vaynerchuck (@GaryVee) yang berjudul "Will Adversity Stop or Start You" (artinya: Apakah Kesulitan akan Memberhentikan Anda atau Memulaikan Anda):


Kalau kamu ingin mendengarkan motivasi lebih banyak lagi dari GaryVee, tonton Playlist GaryVee Motivation


Semoga blog ini bermanfaat dan membantu :)