• Qhansa D.

Masalah Akan SELALU Melekat Pada Diri Kita

Pernah gak kamu tiba-tiba mikir:

"Duh pengen deh hidup tanpa masalah. Dunia pasti lebih tenang dan bahagia."

Kalau pernah, kamu gak sendirian. Aku pernah mengalaminya dan bahkan semua orang pasti pernah memikirkan hal yang sama.


Sekilas Cerita

Ini adalah beberapa contoh cerita yang sedang kita alami disaat pandemi COVID-19 ini:

  1. Waktu kita kuliah merantau, rasanya menyenangkan karena kita diberi kebebasan oleh orang tua. Tapi, masalah yang kita hadapi adalah Harus Bisa Mandiri dan Survive Sendiri saat Kuliah Merantau.

  2. Waktu kita kerja kantoran, rasanya menyenangkan karena kita akhirnya bisa mencari uang sendiri dan menggunakannya tanpa merasa bersalah. Tapi, masalah yang kita hadapi adalah Energi Kita Lebih Terkuras Saat Kerja Dibandingkan Saat Kita Kuliah. Mulai dari lamanya perjalanan ke kantor yang harus berjam-jam berdiri di bis/kereta, Banyaknya pekerjaan/tuntutan dari tempat kita bekerja, Atasan yang tidak mendukung kita, dan lain sebagainya.

  3. Terakhir, waktu kita kerja dirumah (karena lagi pandemi COVID-19), rasanya menyebangkan karena kita akhirnya tidak perlu menunggu berjam-jam di jalan untuk ke kantor, bisa menghemat ongkos, dan lain-lain. Tapi, pasti ada saat dimana kita menemukan masalah (lagi) yaitu Pekerjaan Kita Sering Ter-Distract dengan Kenyamanan/Keributan Dirumah atau Terlalu Bosan Dirumah.

Gimana? Selalu ada masalah kan?


Kenapa Masalah Selalu Ada?

Seketika aku teringat dengan salah satu buku yang mendapatkan #1 International Bestseller karya Mark Manson, berjudul "The Subtle Art of Not Giving a F*ck".



Anehnya, banyak banget hal di dunia ini yang bikin kita stress, tapi ya itu sebenernya karena kita sendiri yang menyebabkannya.


Kenapa gitu?


Jadi di dalam buku itu, Mark Manson berkata bahwa:

Problems NEVER Go Away -- They just IMPROVE.

Artinya: "Masalah TIDAK PERNAH Pergi --- Mereka hanya MENINGKAT".


Lalu, Ia juga berkata bahwa:

"Life is Essentially an ENDLESS Series of PROBLEMS. The SOLUTION to One Problem is Merely The CREATION of The NEXT One (Problem)."

Artinya: "Hidup pada dasarnya adalah Seri MASALAH YANG TIDAK ADA AKHIR. SOLUSI untuk Satu Masalah adalah Hanya PENCIPTAAN (Masalah) YANG BERIKUTNYA."


Dan ternyata benar apa yang dikatakan. Mau sampai kapanpun juga, mau kita pergi kemanapun juga (bahkan liburan), PASTI ADA AJA MASALAH.


Lalu, Bagaimana Solusinya?

Beruntungnya, Mark Manson bertemu dengan Panda (Kalau kamu penasaran, bisa baca bukunya aja hehe). Dan setelah Mark bertanya-tanya tentang "mengapa masalah selalu ada?". Akhirnya dia mendapatkan jawabannya, yaitu:

"DON'T Hope for a Life Without Problems. There's NO SUCH THING. Instead, HOPE for a Life Full of GOOD PROBLEMS."

Artinya: "JANGAN Berharap untuk Hidup Tanpa Masalah. TIDAK ADA HAL SEPERTI ITU. Sebaliknya, BERHARAP untuk Kehidupan yang Penuh MASALAH BAIK."


Mungkin jawabannya tidak sesuai dengan harapan kita pada umumnya. Tapi, jawaban itu memang benar adanya.


Misalnya, andaikan kamu diminta untuk memilih SATU MASALAH yang kamu ingin hadapi, lebih milih mana?

  1. Lanjut kuliah (karena permintaan orang tua): Jadi Harus Belajar Lagi 3-4 Tahun untuk Lulus dan Mendapatkan Ijazah.

  2. Gak Kuliah (mengikuti kemauan sendiri): Tapi Harus Cari Kerja dan Usaha Sendiri.

Setiap pilihan Pasti ADA Konsekuensi nya kan?


Mungkin untuk beberapa orang akan memilih Gak Kuliah, karena mahal juga kuliah. Sehingga dia berusaha keras untuk mencari uang dan bertahan hidup. Dan bisa saja, karena kerja kerasnya, dia bisa membuat usaha sendiri yang secara keuntungan jauh lebih besar daripada orang-orang yang kerja kantoran.


Ada pula orang yang beruntung untuk bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan, karena tuntutan orang tua dan keluarga. Tapi, karena dia tidak mengeluh dan tetap berusaha keras untuk bisa lulus tepat waktu/lebih cepat dengan nilai yang baik, pasti akan ada hasil baiknya. Bisa saja, karena usahanya dalam menuntut ilmu, dia bisa berkelana keliling dunia karena mengikuti Conference / Lomba untuk mewakili kampusnya.


Jadi, setiap pilihan pasti ada hal baiknya. Semua tergantung diri kita.


Karena Hasil TIDAK AKAN Mengkhianati Proses.


Tetap semangat dan tetap jaga kesehatan kalian! :)