QHANSA D.

  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black LinkedIn Icon
  • Black SoundCloud Icon
  • Black Spotify Icon

BLOG

  • Qhansa D.

Mengapa Memiliki Hobi Itu SANGAT Penting?

Hidup di dunia ini tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan. Bahkan seringkali, kita mendapatkan masalah dikehidupan kita.


Semakin sering kita menghadapi masalah, apalagi kalau masalah itu diluar kemampuan kita, itu bisa membuat kita mengalami Stress atau bahkan Depresi. Untuk artinya, silahkan dibaca dibawa ini:

"Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar."
"Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang."

Dua hal ini adalah penyakit yang terlihat sepele, tapi bisa mematikan apabila tidak dapat teratasi dengan baik.


Lalu, bagaimana cara mengatasi stress atau depresi?


Sebenarnya, ada 2 cara:

  1. Cara Berbayar: Ke Dokter atau Psikolog (harus dilakukan apabila sudah mengalami stress parah).

  2. Cara Gratis: Cari Kebahagiaan Sendiri (kalau masih stress ringan).


Nah, di blog ini, aku akan fokus kepada cara gratis (karena kita lebih suka menghemat ya kan? hehe). Dan lagi pula, Mencegah LEBIH BAIK Daripada Mengobati kan??


Oke, mari kita mulai!


Mulai Cari Tahu Hobi/Hal yang Kamu Senangi

Aku gak mau dengar kalimat "Aduh, aku gak punya hobi nih." atau "Aku bingung aku suka apa." Tolong STOP! Karena aku yakin, Setiap Manusia Memiliki Hobi yang Berbeda-beda. Jadi, bukannya kamu gak punya atau tau, tapi kamu BELUM NEMU aja.


Cara #1: Mengingat Kembali Masa Kecil (SD-SMP-SMA)

Sekarang, coba kamu ingat-ingat masa SD/SMP/SMA kamu, dimana keseharian kamu adalah pergi ke sekolah dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore setiap hari senin-jumat.


Coba jawab pertanyaan ini:

  1. Disaat kamu harus memilih ekstrakurikuler, Ekskul apa yang kamu minati dan ikuti?

  2. Apa yang kamu lakukan saat kamu memiliki waktu luang/bosan? (bisa saat di sekolah atau di rumah)

  3. Permainan apa yang kamu suka mainkan setelah pulang sekolah atau saat di rumah?

  4. Apa yang kamu senang lakukan selama libur sekolah?

  5. Hal apa yang membuat kamu lupa waktu, sehingga sering dimarahi orang tua?


Cara #2: Melirik Pengeluaran/Tabungan (Kuliah-Kerja)

Nah, sekarang para mahasiswa/i pasti mendapatkan uang yang lebih besar daripada saat sekolah kan? Dan buat yang sudah bekerja, pasti senang karena sudah bisa menghasilkan uang sendiri.


Bagi yang belum kuliah/kerja, boleh juga kok menjawab pertanyaan ini. Anggap saja tabungan kalian ya. Silahkan dijawab:

  1. Disaat kalian mendapatkan uang bulanan, kalian gunakan untuk apa sajakah uang bulanan itu?

  2. Jika kamu mendapatkan uang lebih, apa yang kalian lakukan dengan uang lebih itu?

  3. Secara keseluruhan, uang kamu habis dipakai untuk apa? (diluar pengeluaran kebutuhan sehari-hari).


Oke, setelah kalian menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, semoga kalian bisa menemukan beberapa hobi/hal yang kalian senangi.


Tujuannya apa?


Tujuannya adalah menjadikan jawaban kalian itu sebagai Pelarian/Pengalihan diri dari stress/depresi yang kalian hadapi di masa sekarang (entah karena sekolah/kuliah/kerja).


Hobi yang PALING AMPUH Mengatasi Stress/Depresi


Jawabannya adalah OLAHRAGA.

Kenapa?


Kamu pernah mendengar kata Endorfin gak?

"Endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan untuk kekebalan tubuh. Endorfin diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari pada saat manusia merasa bahagia (tertawa) dan mendapat istirahat yang cukup. Zat ini 200 kali lebih efektif dari morfin. Endorfin atau Endorfine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi."

Lalu, apa hubungannya sama olahraga? Berikut penjelasan dari Womantalk:

"Aktivitas fisik dan olahraga membuat tubuh kita memproduksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan senang serta membuat kita tidur lebih nyenyak. Pada akhirnya kita jadi lebih nyaman, sehat, dan tentunya tingkat stres kita lebih rendah."

Masih kurang jelas? Oke, mari kita rinci:

  1. Setiap kita selesai berolahraga, pasti kita menjadi capek dong? Iya gak? Gak mungkin gak capek.

  2. Lalu, pasti kita butuh istirahat/tidur.

  3. Nah, karena olahraga membuat tubuh kita memproduksi endorfin, kita bisa tidur lebih nyenyak daripada biasanya atau bahkan tidak bisa tidur karena banyak pikiran/stress/depresi.

  4. Alhasil, karena kita mendapatkan istirahat yang cukup, kita merasa lebih senang dan berenergi keesokan harinya. Bahkan stress kita bisa hilang seketika.


Suka atau tidak suka, olahraga terbukti menjadi kegiatan yang dapat menghilangkan stress. Dan diantara banyak hobi yang aku miliki, olahraga memberikan dampak lebih cepat untuk meredakan stress yang aku alami dibandingkan hobi-hobiku yang lain (seperti musik, main game, nonton film, travelling, dan lain-lain).


Jadi, jangan lupa untuk Setidaknya Memiliki SATU jenis Olahraga yang kamu suka. Dan jangan lupa untuk Memiliki Hobi Lebih dari 1.

Kenapa? Karena kalau misalnya kamu tidak bisa melakukan hobi nomor 1 (misalnya olahraga) sedangkan ada pandemi COVID-19, kamu bisa melakukan hobi alternatif/nomor 2 (misalnya menggambar) yang lebih aman untuk dilakukan karena tidak perlu keluar rumah. Lalu kalo misalnya bosan, bisa ganti hobi nomor 3 (misalnya bermusik), dan sebagainya.


Kesimpulan


Jadi, Mengapa Memiliki Hobi Itu SANGAT Penting?


Jawabannya adalah Karena Hobi adalah pelarian terbaik disaat kita stress/depresi. Karena saat kita melakukannya, kita tidak merasa terbebani bahkan dunia terasa hanya milik kita sendiri sehingga sering lupa waktu. Makanya hobi bisa dikatakan sebagai tempat refreshing (menyegarkan otak/pikiran).


Terima kasih telah menyempatkan membaca.


Sampai bertemu di blog selanjutnya :)