top of page

Blog

  • Writer's pictureQhansa D.

Referensi Favoritku untuk BELAJAR Fotografi dan Videografi

Karena beberapa waktu lalu aku sudah membagikan video referensiku tentang:

Awal Perjalananku Dengan Kamera (Caraku Memilih Kamera) dan Caraku Traveling Dengan Kamera (Inspirasi-Referensi Utamaku), sekarang aku akan memberikan video referensi FAVORIT-ku untuk BELAJAR Fotografi dan Videografi.


Sebelum kita mulai, ini adalah beberapa contoh hasil fotoku (bisa cek instagram Qhansa.Lens):


Dan salah satu contoh hasil videoku (bisa cek website Qhansa.Lens):


Oke, Mari Kita Mulai!

Jadi, sebenernya banyak banget YouTube channelnya, tapi aku akan bagi menjadi 3 bagian, yaitu Fotografi+Videografi, Khusus Fotografi, dan Khusus Videografi biar gampang nyari nya.


Fotografi+Videografi

Khusus Fotografi

Khusus Videografi

Dan masih banyak lagi...


Beberapa Video Favoritku

Jadi, aku memang gak fokus pada 1-2 YouTuber saja. Karena, seringkali banyak inspirasi dari orang lain yang justru membuat karya kita lebih unik (karena banyak referensi). Tapi, di blog ku kali ini, aku akan bagikan beberapa video favoritku yang sampai hari ini masih ku suka tonton. Semoga saja video-video ini bisa bermanfaat untuk kalian juga:


Tentang Kamera dan Beberapa Tips


Sebagai permulaan, kita tentunya harus tau tentang kamera itu sendiri. Dan seperti yang pernah aku tulis di blog sebelumnya tentang Awal Perjalananku Dengan Kamera (Caraku Memilih Kamera), masing-masing orang punya alasan dan tujuan yang berbeda untuk membeli kamera. Tapi, pada dasarnya, ada beberapa hal yang sebenernya bisa dipelajari dari video-video di bawah ini (terlepas kalian pake kamera apa). Jadi, silahkan menikmati video ini dan selamat belajar!




























Memilih Lensa


Gimana? Masih semangat belajar/nonton gak?


Nah! Buat temen-temen yang punya kamera DSLR/Mirrorless pasti pernah bertanya ini

"Lensa yang bagus tuh apa ya?"

Aku pun pernah menanyakan hal yang sama ke beberapa seniorku waktu aku ikutan Workshop Fotografi nya Lab Multimedia. Dan jawaban mereka adalah TERGANTUNG, mau Foto/Video apa dulu?


Buat orang awam, setelah nanya itu, pasti bingung jawabnya kan? (Soalnya aku juga bingung haha). Karena, harapan utama kita adalah punya kamera yang bisa menghasilkan foto/video bagus kan? Tapi kita masih gatau RINCIAN DESKRIPSI dari "Foto/Video yang Bagus" itu kayak gimana. Iya gak?


Makanya itu, daripada kalian makin bingung sama tulisanku, mending tonton video-video di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dunia Lensa Kamera.


Selamat Belajar!





*Catatan Penting: Kalau kamera kalian BUKAN FULL-FRAME, pake lensanya 30-35mm ya. Biar hasilnya sama dengan 50mm di Kamera Full-Frame.













Kalo masih bingung/butuh referensi lain, bisa searching aja ya di YouTube :)


Aksesoris Lainnya


Selanjutnya, ini sebenernya opsional sih. Tapi, kalau kalian masih ngerasa Kamera+Lensa yang kalian punya itu masih kurang memenuhi ekspektasi Foto/Video kalian, mungkin kalian masih membutuhkan beberapa aksesoris kamera/lensa seperti di bawah ini:










Tapi, inget. Aksesoris di atas ini OPSIONAL loh. Jadi, gak mesti semuanya punya.


Post-Production Fotografi/Videografi


Yang terakhir tapi gak kalah pentingnya adalah EDITING SOFTWARE!!


Jujur nih ya, sebelum aku kuliah dan dikenalin sama dunia fotografi, aku cuma tau Software Adobe Photoshop (Untuk Editing Foto) dan Corel Video Studio (Untuk Editing Video). Tapi ternyata, di dunia Fotografi ada Software yang paling sering digunain sama semua fotografer, namanya Adobe Lightroom (Dikenalin sama Gentur waktu kuliah -- Thanks tur). Terus, aku dikenalin sama anak Lab Multimedia dengan Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects untuk software editing video. Tapi, karena aku udah terbiasa pake Corel Video Studio, aku gak ada keinginan untuk pindah ke Adobe Premiere Pro atau nyobain Adobe After Effects.


Sampai suatu hari, aku perlu "Warp Stabilizer" untuk membuat videoku gak goyang-goyang, dan cuma ada di Adobe Premiere Pro. Akhirnya aku pindah deh dari Corel Video Studio ke Adobe Premiere Pro. Semua gara-gara ngedit video MP Telkom Goes To UNSOED 2018 ini (Maaf ya masih amatiran hehe):


Oke, mari kita mulai belajarnya!!










Dan tentunya masih banyak video tutorial tentang Adobe Lightroom, Photoshop, Premiere, dan After Effects lainnya di YouTube.


Fotografi/Videografi Sebagai Karir


Bagian ini sebenernya untuk kalian yang sempat berfikir untuk berkarir dibidang fotografi/videografi. Jadi, kalau misalnya kalian hanya hobi, gak perlu nonton video di bawah ini ya hehe.









Akhirnya selesai juga!


Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mau membaca blog yang panjang ini. Kalau misalnya temen-temen masih ada pertanyaan soal Fotografi/Videografi, bisa DM aku ya.


Sampai jumpa dan tetap jaga kesehatan semuanya! :D


Comments


bottom of page